Warung Botol Pilihanku

Solusi Kemasan Pilihanmu
Tips Memilih Botol Plastik Berkualitas dan Berbagai Jenisnya

Tips Memilih Botol Plastik Berkualitas dan Berbagai Jenisnya


Botol plastik merupakan kemasan yang bisa digunakan untuk berbagai produk. Mulai dari produk kosmetik, makanan, dan berbagai produk lainnya. Tentu saja, penting untuk menggunakan botol plastik berkualitas sebagai wadah produk ini.

Terutama, jika produk akan disebarkan luas ke pasaran. Tidak hanya memperhatikan kualitas dari botol. Penting untuk memilih jenis botol yang tepat untuk produk. Menyesuaikan dengan tekstur dan cara penggunaan produk.

Sekarang ini semakin banyak produsen dan toko yang menawarkan botol plastik murah. Namun, hal ini tidak menjamin kualitas dari botol plastik tersebut. Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih.

Tips Memilih Botol Plastik Berkualitas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa sudah banyak produsen maupun toko yang menjual botol plastik. Hal ini membuat para pembeli memiliki lebih banyak pilihan untuk membeli.

Namun, hal ini juga bisa menyebabkan para pembeli bisa terjebak dengan botol kualitas yang kualitasnya kurang bagus. Anda pastinya tidak ingin berakhir dengan membeli botol plastik dengan kualitas yang tidak bagus.

Karena itu, berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk memilih botol plastik Yogya yang bagus dan memiliki kualitas baik:

1. Memiliki Ketebalan yang Sesuai Standar

Botol plastik dibuat dengan berbagai ukuran dan ketebalan bahan plastik. Ada beberapa botol plastik yang memang sengaja dibuat tidak terlalu tebal karena menyesuaikan kebutuhan produk.

Namun, bagaimanapun jangan memilih botol plastik dengan ketebalan yang terlalu tipis. Karena botol yang terbuat dari bahan terlalu tipis, masa penggunaannya sangat pendek dan dengan cepat rusak.

Pilihlah botol plastik yang memenuhi ketebalan standar. Dengan begitu, botol bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama, kokoh, tidak mudah rusak, dan lebih melindungi produk.

2. Tampilan Bersih dan Jernih

Botol plastik berkualitas pasti memiliki tampilan yang bersih dan jernih. Bersih di sini artinya tidak ada kotoran sedikitpun yang menempel pada bagian dalam botol. Jernih di sini artinya bukan selalu botol berwarna putih.

Namun, memiliki efek transparan yang membuat produk di dalamnya bisa terlihat dari luar. Memilih botol plastik yang jernih bisa memberikan efek bagus untuk produk. Karena para calon konsumen Anda bisa langsung melihat produk dari luar botol.

3. Dapat Ditutup Dengan Rapat

Bagian tuas adalah bagian yang penting dari botol plastik. Sangat penting bagi botol plastik agar bisa ditutup dengan rapat. Dengan begitu, produk di dalam botol tidak mudah tumpah dan keluar dari botol.

Tutup yang bisa ditutup dengan rapat berarti meminimalkan kemungkinan kontaminasi pada produk di dalamnya. Hal ini menjamin kebersihan dan keawetan produk di dalamnya. Lebih baik lagi, jika tutup dari botol memiliki fitur segel yang rapat sebelum dibuka.

4. Kedap Udara

Botol plastik berkualitas harus dapat melindungi produk di dalamnya dari berbagai macam kontaminasi. Karena itu, penting bagi botol plastik agar tetap kedap udara selain rapat. Hal ini meminimalkan kemungkinan kebocoran produk juga.

Sifat kedap udara sangat penting bagi Anda yang ingin menggunakan botol plastik sebagai tempat produk minuman. Karena produk konsumsi seperti minuman sangat mudah mengalami kontaminasi.

5. Terdapat Berbagai Macam Ukuran

Botol plastik memiliki berbagai macam ukuran mulai dari yang kecil sampai yang besar. Jika produsen atau toko tidak mampu untuk memberikan berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Bisa dipastikan bahwa ketersediaan tidak lengkap, hal ini bisa menjadi indikasi botol plastik kurang baik kualitasnya.

Jenis Botol Plastik yang Dijual di Pasaran

Botol plastik pada dasarnya dijual dengan berbagai ukuran dan jenis. Ada yang dengan tutup standar, ada juga dengan jenis tutup tertentu. Semua itu bisa disesuaikan dengan tujuan penggunaan botol.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa jenis botol plastik yang dijual di pasaran. Jenis botol plastik ini bisa dibilang yang paling populer untuk penggunaan kemasan botol plastik:

1. Botol Fliptop

Botol fliptop bisa dibilang merupakan jenis botol plastik yang cukup umum. Botol ini memiliki tutup yang bisa dibuka dengan mudah dengan cara melepas bagian penutup atasnya atau cap dari lidnya.

Tidak heran, jenis botol ini banyak digunakan oleh industri kemasan. Biasanya, botol jenis ini digunakan untuk produk sabun, shampoo, kosmetika, dan berbagai jenis produk lain. Digunakan juga untuk produk makanan seperti madu atau makanan cair lain.

Botol jenis ini juga sering digunakan sebagai botol handsanitizer dengan tekstur yang kental. Karena memudahkan penggunaannya.

2. Botol Prestop

Berbeda dengan fliptop, di mana Anda harus membuka lip untuk mengakses produk. Pada botol jenis ini, Anda tinggal menekan sisi lain dari botol. Kemudian, di sisi lain tutupnya produk di dalam botol bisa terbuka.

Kelemahan dari produk ini biasanya produk yang keluar hanya dalam jumlah kecil saja. Namun, justru hal ini membuat penggunaannya menjadi semakin hemat. Botol jenis ini sering kali digunakan sebagai botol lotion, agar pemakaian lotion lebih hemat.

3. Botol Pump

Sesuai dengan namanya, botol jenis ini mengakses produk dengan cara menekan bagian tutup botol. Maka produk akan keluar melalui selang yang ada di dalam botol. Jenis tutup botol ini membuat akses ke produk lebih mudah.

Karena Anda tidak perlu membuka botol lagi dan tinggal menekan saja. Jenis botol ini sering kali digunakan untuk produk kebersihan seperti sabun cair atau shampo, terkadang juga untuk kemasan dengan ukuran yang besar.

Seperti botol pump lotion dengan ukuran yang besar atau sedang. Hal ini karena memudahkan akses lotion pada para penggunanya.

4. Botol Serum

Serum merupakan konsentrat yang sangat kental dan harus terjaga dari kontaminasi dalam penggunaannya. Karena itu, produk ini sering kali menggunakan jenis botol yang khusus dari kombinasi kaca dan dengan pipet untuk mengeluarkan produknya.

Jadi, bagian tutup botol ini akan dilengkapi dengan pipet di bagian dalam botol. Kemudian, menekan di bagian tutup botolnya. Cara mengeluarkan produknya dengan menekan bagian penekan yang terbuat dari karet.

Produk akan masuk ke bagian pipet dan Anda bisa mengeluarkan produk serum dari pipet tersebut. Desain ini biasanya spesifik memenuhi kebutuhan dan tekstur dari serum sendiri.

5. Botol Trigger Spray

Jenis trigger spray biasanya berukuran sedang sampai besar. Spray jenis ini bisa menghasilkan spray yang lebih besar dan lebih luas dibandingkan botol spray yang kecil. Jenis botol plastik ini sering digunakan oleh hair stylist.

Karena, dengan botol ini produk perawatan rambut bisa digunakan dengan lebih merata. Selain itu, biasa juga digunakan untuk produk tanaman. Alasannya sama, karena dengan menggunakan jenis botol ini penyebaran produk bisa lebih merata.

Itulah tips untuk menemukan botol plastik berkualitas, sekaligus jenis botol plastik yang banyak dijual di pasaran. Informasi tips dan jenis plastik di atas bisa membantu Anda untuk menemukan botol plastik yang tidak hanya berkualitas tapi sesuai dengan kebutuhan.

Share: