Warung Botol Pilihanku

Free Delivery: Take advantage of our time to save event
Halo sahabat Warung Botol Pilihanku!, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih toples yang cocok untuk bisnis makananmu. Karena banyak sekali beragam jenis toples yang beredar, mulai dari yang

Cara memilih Toples untuk bisnis makananmu


Halo sahabat Warung Botol Pilihanku!, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih toples yang cocok untuk bisnis makananmu. Karena banyak sekali beragam jenis toples yang beredar, mulai dari yang murah sampe yang mahal. Kita semua pasti ingin makanan yang kita makan maupun yang dibeli oleh customer kita adalah makanan yang enak dan sehat.

Jangan sampai kita sudah mengoptimalkan rasa yang enak pada makanan, tapi ternyata pemilihan toples yang tidak tepat membuat rasa makanan tersebut berubah atau bahkan menyebabkan gangguan kesehatan lain. Untuk menghindari hal tersebut, berikut langkah-langkah dalam memilih toples yang baik sebagai wadah menyimpan makanan.

Supaya kamu gak bingung, kami sudah membaginya jadi beberapa poin yang bisa kamu dijadikan acuan. Berikut penjelasannya!

1. Perhatikan Harga dan Kualitas
Jangan mudah tergiur dengan toples yang berharga murah, waspadalah jika kualitasnya tidak bagus atau barang tersebut palsu. Lebih baik memilih merek dagang yang sudah di patenkan. Beli produk dari penjual atau penjual resmi untuk menghindari pemalsuan.

 

2. Pilih toples berdasarkan bahannya
Saat hendak membeli toples, hal pertama yang sebaiknya kamu jadikan patokan adalah material pembuatnya. Toples memiliki material yang beragam, ada kaca, plastik, serta kristal. Masing-masing material memiliki kelebihan serta kekurangan.

  • Pertama, Toples Kaca, toples ini bisa digunakan untuk menyimpan makanan yang beraroma tajam. Ia mampu mengurung aroma untuk tetap berada dalam toples. Setelah dicuci semua aroma akan hilang jadi kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan barang lain. Kekurangan dari toples ini adalah bobotnya cukup berat. Ia juga mudah pecah jika jatuh. Kamu harus menyimpannya dengan hati-hati.
     
  • Kedua, Toples Plastik, toples ini biasanya harganya lebih murah dibandingkan toples kaca dan kristal. Meski begitu, kini ada beberapa produsen yang membuat toples plastik dengan kualitas yang baik dan tak kalah dengan toples kaca. Keunggulan dari toples plastik adalah bobotnya lebih ringan serta tidak mudah pecah.
     
  • Terakhir adalah Toples Kristal, Secara sepintas bahan kaca dan kristal terlihat sama, padahal berbeda. Toples kristal cenderung lebih tebal dan mengkilap. Jika kebanyakan toples kaca permukaannya polos, toples kristal biasanya memiliki aksen atau lekukan-lekukan sehingga terlihat mewah. Selain dijadikan wadah makanan, toples kristal bisa dijadikan penghias ruangan.

 

3. Pilih toples dengan ukuran dan bentuk yang disukai

Hal selanjutnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah soal ukuran dan model. Saat ini toples tidak hanya berbentuk tabung, ada juga toples bulat, kotak, atau oval. Ukurannya juga sangat beragam, mulai dari toples kecil, sedang, hingga besar. Toples kecil biasanya digunakan menyimpan bumbu bubuk, sedangkan toples sedang untuk menyimpan kue kering.

Sementara, toples besar biasanya digunakan untuk menyimpan persediaan tepung, gula, atau kopi bubuk. Kamu bisa memilih bentuk dan ukuran toples sesuai dengan selera. Jika Kamu membeli toples untuk fungsi dekoratif, pillihlah toples dengan model unik dan tidak biasa. Mungkin toples buah, toples binatang, atau toples guci. Jangan takut untuk bereksperimen dengan bentuk toples yang tidak biasa.

 

4. Perhatikan Simbol Toples Plastik

Pastikan wadah plastik yang Kamu beli, setidaknya memiliki salah satu tanda berikut ini:

  • Food grade, berupa logo gelas dan garpu. Tanda ini menunjukkan bahwa plastik tersebut layak di pakai untuk memproduksi perlengkapan makanan.
     
  • Food safe, logonya berbentuk contreng. Arti tanda ini adalah makanan atau minuman tersebut aman tidak terkontaminasi bahan-bahan kimia.
     
  • Approved by FDA, artinya produk tersebut sudah lolos uji dan dinyatakan aman digunakan oleh FDA (Food and Drug Administration), lembaga pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat.
     
  • Lihatlah pada bagian wadah plastik tersebut. Pastikan pada simbol segitiga yang di dalamnya terdapat angka 1, 2, 4, 5. Anga tersebut adalah pilihan yang aman untuk digunakan sebagai wadah makanan karena bebas dari zat kimia BPA (Bhispinol A). keluarkan wadah plastik dengan angka 3, 6, 7. Karena itu artinya, wadah plastik tersebut mengandung BPA yang berbahaya bagi tubuh Kamu. BPA adalah sebuah senyawa kimia yang berpotensi dapat merusak kesehatan manusia dan lingkungan. BPA telah terbukti menghasilkan racun, memiliki efek karsinogenik, dan memiliki kemungkinan memberikan gangguan pada syaraf.
     

5. Pilih toples yang mudah untuk dibersihkan
Saat isi makanan di toples sudah habis, kita pasti akan mencucinya agar bersih dan bisa digunakan untuk menyimpan makanan lain. Sayangnya, beberapa toples sulit untuk dicuci karena memiliki mulut yang kecil atau ukuran yang terlalu tinggi sehingga spons cuci tidak bisa menjangkau bagian dalamnya.

Selain itu, ada juga toples yang masih menyisakan bau atau bercak warna makanan sebelumnya meski sudah dicuci. Hal ini biasanya terjadi pada toples plastik dengan kualitas rendah. Untuk itu, pilihlah stoples yang mudah dicuci. Jangan hanya melihat bentuknya bagus, tetapi justru tidak bisa dibersihkan sempurna.

 

Share: